Daftar Istilah

  • Pengadu adalah perseorangan, kelompok masyarakat atau badan hukum yang mengadukan pelanggaran pelayanan publik.Teradu adalah perseorangan, kelompok orang, atau penyelenggara layanan yang diduga melakukan pelanggaran pelayanan publik.
  • Prosedur pelayanan pengaduan adalah tahapan-tahapan yang dilalui mulai penerimaan  laporan sampai monitoring.
  • Klarifikasi adalah tahapan untuk mendengarkan penjelasan dari pihak terlapor dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pengaduan.
  • Investigasi adalah tahapan untuk mengumpulkan data, dan informasi sebagai bahan untuk penyusunan rekomendasi dan penyelesaian pengaduan.
  • Mediasi adalah upaya penyelesaian secara damai antara pelapor dengan terlapor yang difasilitasi oleh UPKP2 kabupaten Batang
  • Dirujuk adalah dilimpahkannya penanganan suatu pengaduan ke lembaga lain yang lebih berwenang atau lebih efektif dalam menyelesaikan pengaduan.
  • Rapat kasus adalah kegiatan internal UPKP2 Kabupaten Batang untuk membahas perkembangan penanganan pengaduan yang ditangani oleh UPKP2 Kabupaten Batang
  • Rapat Pleno kasus adalah kegiatan internal di UPKP2 Kabupaten Batang yang dihadiri oleh anggota UPKP2 Kabupaten Batang untuk membahas draf pernyataan pendapat/rekomendasi sebelum disahkan dan dikirimkan kepada para pihak terkait.
  • Rekomendasi adalah kesimpulan, pendapat, dan saran yang disusun oleh UPKP2 Kabupaten Batang berdasarkan hasil klarifikasi, investigasi, dan kajian tim yang akan diberikan kepada pihak-pihak terkait dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.